Iber-iber PHMA GKJW Tentang Peristiwa Bom Makasar 2021

Selalu Berharap Kepada Tuhan Meski Di Dalam Kesesakan
dalam Empati Terhadap Kepiluan Saudara Seiman Di Makasar

Saudara-saudara warga Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) terkasih,

Majelis Agung GKJW mengungkapkan dukacita yang sangat mendalam atas ledakan bom yang terjadi di depan Katedral Makassar, pada Minggu Palmarum, 28 Maret 2021, pagi ini, yang mengakibatkan adanya korban luka. Peristiwa menyedihkan ini menambah daftar panjang aksi kekerasan dan teror yang terjadi di Nusantara.

 Majelis Agung GKJW memohon agar seluruh warga GKJW tetap tenang, mendoakan keluarga korban, mendoakan keutuhan jalinan hubungan antar umat di Indonesia, serta mempercayakan penanganan masalah ini sepenuhnya kepada aparat pemerintah. Majelis Agung GKJW menghimbau agar seluruh warga jemaat tidak takut dan resah, namun tetap waspada, dengan jalan meningkatkan keamanan secara ekstra, dan menjalin kerjasama dengan semua pihak. PHMA GKJW juga memohon agar tidak ada seorang pun di antara kita yang dengan sengaja memposting gambar-gambar atau video mengenai peristiwa ini yang justru berpotensi menimbulkan keresahan dalam masyarakat dan persekutuan.

Memang patut disesalkan, bahwa peristiwa ini terjadi ketika umat Kristen sedang merayakan Minggu Palmarum, yakni peristiwa masuknya Tuhan Yesus ke Yerusalem, sebagai masa persiapan penyerahan nyawa-Nya. Melalui peristiwa ini, Tuhan Yesus sedang dielu-elukan dengan teriakan: Hosana!, sebuah seruan yang bermakna: “Selamatkan kami sekarang”. Dia yang adalah Mesias, sedang mendengar seruan umat yang menderita. Maka di tengah kekalutan ini, marilah kita berharap agar Raja Damai yang lemah lembut dan rendah hati berkenan menghadirkan kehidupan. Dia tidak datang dengan kekuasaan, kekuatan, apalagi kekerasan, untuk berperang dan menghancurkan kehidupan. Namun sebaliknya, Dia hadir untuk mengampuni, menyembuhkan, dan mengasihi.

Semoga aparat negara kita mampu mengusut tuntas kasus ini, sehingga segera terciptalah suasana aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Makassar.

 Demikian Iber-iber PHMA GKJW tentang Peristiwa Bom Makasar 2021. Sekali lagi, dengan senantiasa tetap mengenang pengorbanan dan kerendah-hatian Kristus, marilah kita berupaya meneladan Tuhan kita, untuk tetap bersabar dan rendah hati, namun tetap waspada serta meningkatkan keamanan secara ekstra, agar kita mampu bertindak dengan bijak dan mengharapkan penyertaan dan perlindungan Tuhan. Semoga Peristiwa Bom Makasar 2021 ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk semakin peduli kepada sesama, demi membuminya damai dan sejahtera. Tuhan memberkati kita semua.

 

a.n. Pelayan Harian Majelis Agung
G
reja Kristen Jawi Wetan

Ketua Sekretaris Umum
Pdt.Tjondro Firmanto Gardjito, S.Th. Pdt.Dr. Budi Cahyono

 


Iber-iber dalam bentuk pdf dapat diunduh disini.

 

 

Bagikan Entri Ini: