Workshop Pendarasan Mazmur HUT ke-30 GKJW Jemaat Kedungkandang

22 January 2024

Dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (pendewasaan) ke-30 tahun, GKJW Jemaat Kedungkandang menggelar “Workshop Pendarasan Mazmur” yang dilaksanakan pada 21 Januari 2024.

Kegiatan ini mengundang Pdt. Dikky Triadmodjo dan Ibu Dyah Narwastu sebagai pemateri yang meliputi apa dan bagaimana Teknik vokal dalam pendarasan Mazmur.

Perlu untuk diketahui, bahwa Tata Ibadah (liturgi) Greja Kristen Jawi Wetan yang telah direvisi dan diberlakukan sejak beberapa tahun terakhir, mengandaikan adanya pendarasan Mazmur ditengah-tengah pembacaan tiga bacaan yang ada di tata ibadah tersebut.

Pendarasan secara harafiiah dimengerti sebagai upaya membaca atau mempelajari sesuatu secara sungguh-sungguh. Namun dalam tradisi kekristenan, khususnya dalam hal liturgi gereja, kata pendarasan tersebut dimengerti sebagai kegiatan atau proses membaca teks suci Alkitab dengan cara atau gaya yang berbeda, agar isi pesan dan makna dari teks tersebut dapat ditangkap secara utuh oleh pendengar. Mengingat sejatinya Kitab Mazmur merupakan bagian dari kumpulan dari puji-pujian/hymne penyembahan yang senantiasa dibacakan [dilatunkan] dengan teknik khusus yang pada perkembangannya disebut sebagai pendarasan.

Workshop Pendarasan Mazmur yang diadakan oleh GKJW Jemaat Kedungkandang yang saat ini dilayani oleh Pdt. Kukuh Iman Kristiawanini juga mengundang perwakilan warga di jemaat-jemaat se lingkup Majelis Daerah Malang I dan beberapa jemaat lain yang ada di wilayah Malang Kota. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur segenap warga Jemaat Kedungkandang, agar ilmu dari pemaparan materi oleh narasumber juga dapat dirasakan oleh jemaat-jemaat yang lain.

Jumlah kehadiran cukup banyak dan antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, menjadi bukti bahwa workshop ini disambut gembira dan diminati oleh warga jemaat. “Besar harapan kami agar Ilmu yang dibagikan oleh pembicara dapat diaplikasikan dengan mudah dan dapat menjadi penyemangat peserta dalam berpelayanan bermazmur di gereja asal masing-masing”, ungkap salah seorang panitia pelaksana kegiatan.

Baca Juga:  Festival Karawitan Bulan Pembangunan GKJW

Meskipun perlu disadari bahwa proses untuk mempelajari teknik pendarasan tersebut tidaklah mudah, akan tetapi setiap peserta meyakini bahwa ketika proses belajar itu dilakukan dengan giat dan tekun, maka pada saatnya teknik tersebut bisa dikuasai sehingga ke depannya akan muncul sebuah bentuk pelayanan yang lebih baik lagi.

Sejatinya, Hari Ulang Tahun ke-30 GKJW Jemaat Kedungkandang jatuh tepat pada tanggal 6 Februari 2024 nanti. Oleh karena begitu besar rasa syukur dan sukacita segenap warga Jemaat, melalui pantia pelaksana perayaan HUT tersebut mengkonsep berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan lamanya.

  • Rangkaian kegiatan itu diantaranya adalah:
    1. Workshop merias diri dan berbusana untuk pelayanan di gereja bagi majelis, muger dan pelayan lainnya yang dilaksanakan pada 6 Januari 2024
    2. Lomba badminton ganda campuran dan ganda putra antar rayon pada 6-7 Januari 2024
    3. Webinar dan lomba penulisan sejarah GKJW Kedungkandang pada 20 Januari 2024
    4. Workshop dan lomba pendarasan Mazmur se- MD Malang I dan Malang kota pada 21 Januari 2024
    5. Lomba Ular Tangga Rohani anak dan remaja se- MD Malang 1 pada 4 Febuari 2024
    6. Festival Jajanan lokal Kedungkandang pada 4 Februari 2024
    7. Pembuatan  Video tutorial (YouTube) cara pembuatan anggur perjamuan oleh  Eyang Daneswara
    8. Ibadah Syukur HUT pada 4 Februari.

Sebagaimana materi dalam workshop pendarasan Mazmur yang membawa sukacita dan semangat baru bagi para peserta, pelaksanaan webinar dan lomba penulisan sejarah gereja yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari lalu oleh pembicara Prof. Dr. Hari Wahyono dan Pdt. Yuli Mardiati juga membawa sukacita dan semangat yang baru bagi para peserta yang mengikuti.

Para peserta lomba penulisan secara gereja yang merupakan warga Jemaat Kedungkandang merasa sangat terbantu dengan materi yang diberikan dan dapat memulai proses menulisnya. Output kegiatan ini adalah membuat buku berisi kumpulan artikel sejarah GKJW Kedungkandang.

Baca Juga:  Rekaman Langsung Festival Karawitan Bulan Pembangunan GKJW

Besar harapan dari panitia, semoga seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan HUT ke-30 GKJW Jemaat Kedungkandang ini dapat dijalankan dengan baik dan lancar, segenap warga Jemaatpun dapat merasakan cinta kasih dan penyertaan Tuhan melalui Jemaat Kedungkandang. Khususnya para peserta yang telah menerima materi dalam kegiatan-kegiatan webinar maupun workshop, dapat semakin dimampukan dan memiliki semangat yang baru untuk melayani Tuhan dengan lebih baik lagi.

Video “Workshop Pendarasan Mazmur” dapat diikuti diatas

Foto & Video : Multimedia GKJW Jemat Kedungkandang
Tulisan : Panitia HUT ke-30 GKJW Jemaat Kedungkandang

Renungan Harian

Renungan Harian Anak