Purna Tugas Pdt. Rudy Sewoyo

Setelah melayani selama kurang lebih 33 tahun sebagai pendeta struktural GKJW, Pdt. Rudy Sewoyo akhirnya memasuki masa purna tugas. Ibadah purna tugas (emeritasi) Pdt. Rudy Sewoyo telah dilaksanakan di GKJW Jemaat Singosari pada tanggal 5 Juni 2022.

Selama mata tugasnya, Pdt. Rudy Sewoyo telah melayani sebagai pendeta baku di GKJW Jemaat Bangkalan (1989-1990), GKJW Jemaat Wiyung (1990-1995), GKJW Jemaat Madiun (1997-2003), GKJW Jemaat Malang (2003-2010), GKJW Jemaat Darmo (2013-2020), dan GKJW Jemaat Singosari (2020-2022). Selain pelayanan-pelayanan sebagai pendeta baku jemaaat tersebut diatas, Pdt. Rudy Sewoyo juga pernah melayani di Departemen Penerjemah Alkitab Lembaga Alkitab Indonesia (1995-1997) dan sebagai Ketua Majelis Agung GKJW (2010-2013).

Pendeta Rudy Sewoyo mengambil Kisah Para Rasul 2:1-21 sebagai landasan khotbahnya sesuai kalender gerejawi hari itu (Hari Pentakosta). Kedatangan Roh Kudus saat itu membuat para murid Yesus tidak takut dan tidak minder. Hadirnya Roh Kudus mendorong orang untuk berani berubah dan tidak berjalan di tempat.

Selanjutnya, Pdt. Rudy Sewoyo menekankan agar warga jemaat tidak hanya menjadi obyek perubahan namun juga menjadi subyek perubahan seperti murid-murid Yesus tadi. “Menjadi subyek perubahan adalah tanda-tanda kehadiran Roh Kudus,” tandas Pdt. Rudy Sewoyo.

Prosesi purna tugas Pdt. Rudy Sewoyo dilayani oleh Ketua Majelis Agung GKJW, Pdt. Tjondro F. Gardjito dan Wakil Ketua Majelis Agung GKJW, Pdt. Retnosari. Dalam prosesi tersebut, dibacakan dan diserahkan surat keputusan emeritasi Pdt. Rudy Sewoyo. Seluruh pendeta, penatua, diaken, dan jemaat yang hadir kemudian mendoakan Pdt. Rudy Sewoyo.

Seusai purna tugas Pdt. Rudy Sewoyo, GKJW Jemaaat Singosari akan dilayani oleh Pdt. Teguh Setyoadi (Pendeta baku GKJW Jemaat Pasuruan) sebagai pendeta konsulen. Baik GKJW Jemaat Singosari dan GKJW Jemaat Pasuruan sama-sama berada di wilayah pelayanan Majelis Daerah Malang III GKJW.

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas secara struktural, GKJW masih mengakui kedudukan Pdt. Em.Rudy Sewoyo secara fungsional. Pdt. Em.Rudy Sewoyo masih tetap diperkenankan ikut ambil bagian dalam pelayanan gerejawi termasuk dalam pelayananan sakramen. Hal ini sesuai dengan Tata dan Pranata GKJW tentang jabatan-jabatan khusus.

Ibadah emeritasi Pdt. Rudi Sewoyo dapat diikuti melalui video diatas.

Bagikan Entri Ini: