Purna Tugas Pdt. Djatmiko

31 July 2022

Pdt. Djatmiko pada tanggal 31 Juli 2022 memasuki masa purna tugas sebagai pendeta struktural Greja Kristen Jawi Wetan. Purna tugas Pdt. Djatmiko tersebut ditandai dengan ibadah emeritasi di GKJW Jemaat Bangelan, Majelis Daerah Malang I.

Selama 27 tahun pelayanannya, Pdt Djatmiko telah melayani 4 jemaat GKJW sebagai sebagai pendeta baku dan 1 jemaat di GKI Tanah Papua. Jemaat-jemaat tersebut ialah:

  1. GKJW Jemaat Aditoya, Nganjuk (1995 – 1998).
  2. GKI Tanah Papua Jemaat Solagracia, Klasis Jayapura (1998 – 2004) dalam kerangka kerjasama PGI, GKI Tanah Papua dengan GKJW
  3. GKJW Jemaat Pronojiwo, Lumajang (2004– 2013)
  4. GKJW Jemaat Lamongan (2013 – 2020)
  5. GKJW Jemaat Bangelan, Malang (2020 – 2022)

Dalam khotbah bungsunya yang diambil dari 2 Timotius 4 : 1 – 8 Pdt. Djatmiko mengingatkan warga jemaat untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam segala perkara kehidupan. Pdt. Djatmiko juga menekankan bahwa yang berat dalam menjalankan pelayanan pendeta itu bukan karena tugas pelayanannya, tetapi karena dihadapkan dengan tawaran dan godaan. Tetapi dengan kekuatan iman dapat menjalankan tugas pelayanan hingga akhir dengan baik.

Pdt. Djatmiko lebih lanjut mengajak para pendeta, penatua, diaken serta jemaat yang hadir untuk selalu membangun semangat pelayanan. Sehingga jerih pelayanan kita tidak sia-sia. demikian tandas Pdt. Djatmiko.

Prosesi purna tugas Pdt. Djatmiko dilayani oleh Ketua Majelis Agung GKJW, Pdt. Natael Hermawan Prianto dan Wakil Sekretaris Umum Majelis Agung, Pdt. Widi Nugroho. Dalam prosesi tersebut, Pdt. Djatmiko menerima surat keputusan purna tugasnya sekaligus menerima doa dari seluruh jemaat yang hadir.

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas secara kelembagaan, GKJW masih mengakui kedudukan Pdt. Em. Djatmiko secara fungsional. Pdt. Em. Djatmiko masih tetap diperkenankan ikut ambil bagian dalam pelayanan gerejawi, termasuk dalam pelayananan sakramen. Hal ini sesuai dengan Tata dan Pranata GKJW tentang jabatan-jabatan khusus.

Seusai purna tugas Pdt. Djatmiko, GKJW Jemaat Bangelan akan dilayani oleh Pdt. Bil Clinten Sudirman. Sesuai keputusan bidang personalia Sidang Majelis Agung GKJW ke – 119.

Renungan Harian

Renungan Harian Anak