Pembekalan dan Pelatihan Tenaga Pastoral GKJW

IPTh. Balewiyata pada tanggal 10-12 Mei 2019 lalu mengadakan “Pembekalan dan Pelatihan Tenaga Pastoral GKJW”. Pelatihan ini adalah program baru yang diadakan mengingat banyaknya masalah pribadi atau keluarga dalam kehidupan jemaat.

Sebanyak 33 orang dari 10 majelis daerah se-GKJW mengikuti acara pelatihan ini. Para peserta umumnya adalah anggota penatua/ diaken jemaat yang sudah aktif melakukan pelayanan pastoral di jemaatnya masing-masing.

Acara pembekalan dan pelatihan ini dikemas dalam berbagai aktivitas:

  1. Peserta saling menceritakan pengalaman pastoralnya di jemaatnya masing-masing. Melalui aktivitas ini, peserta diharapkan dapat saling memperkaya pengetahuan pastoralnya.
  2. Input pengetahuan tentang pastoral untuk para peserta. Pada pelatihan kali ini Pdt. Yuedi K menyajikan makalah: “Pelayanan Pastoral dalam Alkitab” dan “Selesai dengan Diri Sendiri”. Sementara Pdt. Ari Mustyorini menyajikan makalah: Etik Pelayanan Pastoral” dan “Simulasi Pelayanan Pastoral”.
  3. Diskusi kelompok dan simulasi pelayanan pastoral.
  4. Ibadah – Dilakukan dengan model meditatif untuk menyegarkan kembali panggilan pastoral para peserta.

Para peserta sangat antusias mengikuti setiap acara dalam pembekalan dan pelatihan ini. Mereka berharap agar IP.Th Balewiyata dapat menyelenggarakan acara ini secara rutin dengan materi berkelanjutan. Hal ini mengingat adanya kebutuhan kemampuan pastoral dalam menghadapi masalah warga jemaat yang semakin spesifik dan rumit.

Diakhir pelatihan, para peserta sepakat untuk membangun jaringan saling menggembalakan (pastor-pastorum) melalui media sosial. Peserta juga memperoleh sertifikat dan materi pelatihan dalam bentuk hard & softcopy.

 

 

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •