Bertobat Pancaran Air Hidup Junior 20 September 2023

20 September 2023

Bacaan: Lukas 9: 8 – 9
Nats:Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.” (Lukas 9: 8 – 9)

Teman-teman, tentu kalian tahu cerita tentang Zakheus. Ia seorang Yahudi yang bekerja pada orang Romawi yang menjajah bangsa Yahudi. Ia bertugas sebagai pemungut cukai atau pajak. Orang Yahudi sangat tidak menyukai para pemungut pajak  karena mereka sering mengambil keuntungan dengan meminta sejumlah uang lebih dari seharusnya. Para pemungut pajak ini mengambil keuntungan di tengah-tengah penderitaan bangsa Yahudi yang dijajah oleh bangsa Romawi.

Jika orang Yahudi tidak menyukai para pemungut pajak, termasuk tidak menyukai Zakheus karaena pekerjaannya sebagai pemungut pajak, tidak demikian dengan Yesus. Yesus tidak menjauhi Zakheus. Yesus mengasihi Zakheus. Hal ini nampak dari sikap Yesus yang mau menumpang makan di rumahnya. Tentu saja sangat gembira hati Zakheus. Sebagai ungkapan kegembiraannya, Zakheus rela mengembalikan uang rakyat yang diambilnya dengan tidak jujur. Wao…..sungguh luar biasa. Zakheus bertobat atas kesalahan yang telah dilakukannya.

Doaku: Ya Tuhan, ajarlah aku untuk berbaik dari kesalahan yang aku lakukan. Amin

Renungan Harian

Renungan Harian Anak