“Tahun Politik sebagai Peluang Membawa Damai Sejahtera” Iber-iber PHMA GKJW Tentang Pelaksanaan PEMILU 2019

Saudara-saudara warga Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) terkasih,

Tahun 2018 dan 2019 sering disebut sebagai tahun politik, karena di dalam kedua tahun tersebut negeri kita tercinta Republik Indonesia ini mengadakan hajatan nasional berupa pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (PEMILU). Pada tanggal 17 April 2019 KPU telah menetapkan penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan para Anggota Legislatif. Tahun politik ini merupakan masa yang menggembirakan karena di sini rakyat Indonesia memperoleh kesempatan untuk mengungkapkan aspirasinya dalam memilih para pemimpin bangsa. Pesta demokrasi ini sekaligus menjadi wahana bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mengejawantahkan Pancasila dan NKRI menuju Indonesia yang adil dan sejahtera. Dalam terang firman Tuhan, “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu” (Yeremia 29 : 7), maka Majelis Agung GKJW menyampaikan beberapa hal penting di bawah ini :

Pertama, setiap Warga GKJW yang telah memiliki hak pilih agar memastikan namanya terdaftar sebagai pemilih. Untuk memastikan ini bisa menanyakan kepada RT di lingkungan masing-masing atau mengeceknya di https://infopemilu.kpu.go.id

Kedua, setiap Warga GKJW yang telah memiliki hak pilih menggunakan hak pilihnya itu secara benar dan bertanggung jawab dan tidak mengambil sikap netral/GOLPUT (Golongan Putih), sebab satu suara Saudara sangat bernilai bagi perkembangan bangsa dan Negara kita. Apabila Saudara sedang bepergian maka uruslah formulir A5 agar Saudara dapat memilih di tempat yang lain. Dalam menentukan pilihan agar tidak tergoda dengan janji-janji manis para calon tetapi sedapat mungkin mempelajari rekam jejak mereka. Hindarkan diri dari praktek curang (money politic) selama pelaksanaan Pemilu.

Ketiga, bagi Warga Jemaat yang mendapat kepercayaan untuk menjadi petugas sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam berbagai tingkatnya, baik di desa/kelurahan maupun sampai dengan tingkat nasional memangku tanggung jawab yang mulia dan tidak ringan. Hendaknya saudara melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan penghitungan suara dan pengiriman kertas suara ke jenjang yang lebih tinggi.

Keempat, bagi Warga Jemaat yang terlibat sebagai Tim Sukses dari para kandidat diminta untuk menjalankan tugas dan panggilannya dengan bijak dan wajib menghindari ujaran kebencian yang hanya akan menyebabkan kegaduhan politik selama proses Pemilu. Lakukanlah tugas Saudara dengan bermartabat serta tidak menggunakan gereja dan kegiatan gereja sebagai ajang kampanye.

Kelima, bagi Warga Jemaat yang mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif diminta untuk menjunjung tinggi nilai-nilai pengajaran Yesus Kristus yang mengedepankan kebenaran dan kasih, baik selama proses Pemilu maupun pada saat menjalankan tugas dan panggilan tersebut.

Demikian Iber-iber dari Majelis Agung GKJW tentang pelaksanaan Pemilu 2019. Marilah kita menggunakan hak pilih kita. Kita semua berharap dan berdoa agar Pemilu pada tanggal 17 April 2019 nanti dapat berjalan dengan baik dalam penyertaan dan perlindungan Tuhan. Semoga pelaksanaan Pemilu ini menjadi peluang bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang damai dan sejahtera. Tuhan memberkati kita semua.

 

Malang, 20 Februari 2019

Atas nama Pelayan Harian Majelis Agung
Greja Kristen Jawi Wetan

Ketua Sekretaris Umum
Pdt. Tjondro F. Gardjito, S.Th Pdt. Budi Cahyono, M.Th

 

 

Bagikan Entri Ini:

  • 5
    Shares