Hidup Bersama dalam Kepedulian Panduan Bulan Ekumene (30 September - 27 Oktober 2021)

Pada bulan Oktober 2021 ini, GKJW berada pada Bulan Ekumene. Pada bulan itu, setiap warga GKJW diingatkan pentingnya kesatuan Tubuh Kristus.

GKJW sebagai bagian Tubuh Kristus dipanggil untuk mewujudnyatakan kesatuan Tubuh Kristus itu dalam kehidupan sehari-hari bersama gereja-gereja lain di dunia ini. Penghayatan akan Tubuh Kristus ini dilakukan dengan membangun hubungan, kerjasama, dan kepedulian di antara gereja-gereja yang ada di sekitar GKJW.

Tema Bulan Ekumene pada tahun 2021 ini adalah “Hidup Bersama dalam Kepedulian.” Tema ini dipilih agar GKJW dalam hidup bersama dengan umat percaya yang lain (antar denominasi gereja) dapat membangun hubungan ekumenis yang ditunjukkan dengan sikap peduli.

Peduli kepada warga gereja dan masyarakat di sekitar lingkungan GKJW berada, terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Hidup bersama menandakan bahwa GKJW ada bersama dengan umat percaya yang lain.

GKJW tidak dapat sendirian dalam menghadirkan Kerajaan Allah di tengah dunia. GKJW perlu berjuang bersama dengan semua pihak khususnya dengan gereja-gereja lain di tengah situasi pandemi saat ini.

Untuk itulah dibutuhkan kerjasama antara GKJW dengan gereja-gereja yang lain, baik GKJW sebagai institusi maupun warga GKJW sebagai pribadi. Masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang terdampak Covid-19, Namun bukan berarti bahwa kepedulian dan berbagi dengan sesama tidak lagi bisa dilakukan.

Kini bersama-sama, kita memasuki dan melaksanakan kegiatan di Bulan Ekumene. Mari kita wujudkan kesatuan Tubuh Kristus dengan saling peduli dan berbagi, sebagaimana Rasul Paulus menasihatkan yang demikian: “Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, … supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. Karena itu, jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita, jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.”(1 Kor. 12:24b-27).

Selamat hidup bersama dalam kepedulian. Selamat membangun Tubuh Kristus.

Panduan Bulan Ekumene dapat dibaca dibawah ini dan diunduh disini.

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •