Daftar Bacaan Alkitab 2023

1 Januari – 29 November 2023 (Tahun A) & 30 November – 31 Desember 2023 (Tahun B)

Salam sejahtera dalam kasih Kristus,

Bapak, Ibu dan Saudara yang dikasihi Tuhan, patutlah kita mengucap syukur kepada Tuhan yang senantiasa menyertai dan memberkati hidup kita. Kita bersyukur pandemi Covid-19 saat ini semakin terkendali dan berangsur-angsur kita memasuki era kenormalan baru (New Normal). Kita berharap pelayanan gereja dapat semakin berjalan baik dan tangguh menghadapi segala tantangan zaman.

Dewan Pembinaan Teologi (DPT) menyediakan buku Daftar Bacaan Alkitab 2023 ini sebagai acuan bacaan Alkitab selama setahun. Buku ini berisikan Penjelasan Kalender Gerejawi, Penjelasan Tema Pelayanan, dan Daftar Bacaan Alkitab 2023. Bagian penjelasan kalender gerejawi berisi uraian singkat, waktu, dan makna dari setiap masa gerejawi. Bagian penjelasan tema pelayanan berisi maksud dan tujuan dari tema pelayanan GKJW selama tahun 2023. Pada tahun ini, tema pelayanan GKJW didasari satu tema besar yang dipergunakan selama satu tahun dan sub-sub tema sesuai dengan kalender gerejawi GKJW. Dengan adanya tema pelayanan ini diharapkan para Pelayan Ibadah dan pengguna buku ini dapat memahami dan mengerti arah pelayanan GKJW 2023.

Daftar Bacaan Alkitab 2023 ini disusun menggunakan Revised Common Lectionary (RCL) yang telah disesuaikan dengan konteks dan tema GKJW. Daftar Bacaan Alkitab 2023 ini berfokus pada Injil Matius (Tahun A). Artinya sebagian besar bacaan Minggu tahun 2023 mengacu pada Injil Matius sebagai bacaan utama. Selanjutnya Daftar Bacaan Alkitab ini juga dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rancangan Khotbah (RK), Pemahaman Alkitab (PA), Renungan Harian Pancaran Air Hidup (PAH) yang dipergunakan oleh Majelis Jemaat dan Warga Jemaat dalam melayani di Ibadah Minggu, Ibadah Patuwen, maupun Ibadah Harian Keluarga GKJW.

Demikian kiranya buku ini dapat bermanfaat bagi para pelayan dan seluruh warga jemaat di GKJW. Selamat menghayati dan merasakan kebenaran Firman Tuhan!

Daftar Bacaan Alkitab tahun 2023 GKJW secara lengkap dapat diunduh disini.

 

Dewan Pembinaan Teologi GKJW


Catatan untuk pengguna telepon genggam:
Gunakan mode landscape (horizontal) agar daftar bacaan dibawah ini lebih mudah dibaca.

 

Daftar Bacaan Alkitab Tahun A (Matius): 1 JanuariĀ  2023 – 29 November 2023

 

Daftar Bacaan Alkitab Tahun B (Markus): 30 November 2023 – 31 Desember 2023

 

 

Bagikan Entri Ini: