Daftar Bacaan Alkitab 2018

Saudara-saudari seluruh warga GKJW yang dikasihi Tuhan,

Perkenankanlah kami memberitahukan bahwa di tahun 2017 ini di tubuh DPT terjadi proses dauran yang diputuskan dalam Sidang ke-114 di GKJW Jemaat Rejoagung-Besuki Barat. Kepengurusan DPT mengalami perubahan yang signifikan. Namun demikian penyusunan Daftar Bacaan Tahun 2018 tetap menjadi tugas dari DPT daur lama. Sebab itu, perkenankan kami juga menyampaikan beberapa hal lagi terkait Daftar Bacaan Alkitab yang sudah kita pakai selama ini:

  1. Tahun 2018, bersama dengan seluruh gereja-gereja dunia kita masuk dalam siklus tahun liturgis yaitu tahun B yang berfokus kepada Injil Markus sebagai bacaan Injil. Tahun B ini dimulai semenjak kita memasuki masa Advent 2017 ini yaitu mulai 3 Desember 2017. Ini artinya bahwa siklus Daftar Bacaan Alkitab tidak pernah dimulai dari bulan pertama Masehi tetapi permulaannya selalu atas dasar siklus kalender liturgis yaitu dari massa Advent dan berakhir pada hari Minggu Kristus Raja.
  2. Sebagaimana yang sudah juga ditulis dalam buku Daftar Bacaan Alkitab tahun-tahun sebelumnya, perkenankan kami kembali mengulang pola bacaan harian kita yaitu bahwa kesinambungan seluruh bacaan dalam setiap pekan sangat kuat. Bacaan harian selalu dimulai pada hari Kamis dan berakhir pada hari Rabu di minggu berikutnya. Untuk dapat menangkap makna teologis dan dipergunakan bagi pelayanan dan pembinaan iman, kita perlu mengikuti pembacaan harian secara sinambung. Hal ini penting karena itulah yang menjadi bingkai pesan teologisnya.
  3. Adapun bacaan hari Minggu adalah bacaan puncak dari pesan teologis setiap mingguannya. Disusunnya bacaan satu, dua , tiga dan mazmur sekali lagi bukan dimaksudkan untuk menjadikan salah satu sebagai bagian pelengkap unsur Tata Ibadah kita namun semua bacaan itu merupakan satu rangkaian yang jikalau dikhotbahkan maka memiliki kesinambungan pesan. Untuk membantu para pelayan Ibadah Minggu dan perayaan hari besar Kristiani, DPT menyediakan Rancangan Khotbah yang kami harapkan dapat membantu semua pelayan di GKJW ini.
  4. Dalam Daftar Bacaan Alkitab 2018 ini kami menyertakan juga kalender liturgis yang kami adopsi dari kalender liturgis ekumene dan kami tambahkan kekhasan konteks perayaan liturgis di GKJW. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara utuh tentang peristiwa-peristiwa liturgis yang hendak kita lakukan selama setahun penuh. Penjelasan makna dan arah kegiatan sengaja kami buat sesederhana mungkin dan masih sangat mungkin ditambahkan secara lengkap dan mendalam dengan tujuan supaya makin merangsang semua pelayan untuk memperdalamnya secara mandiri. Adapun untuk kegiatan dan petunjuk pelaksanaan tentu sangat bergantung dengan kondisi dan konteks jemaat setempat.
  5. Penentuan Pekan dan Bulan tentu patut juga kami sampaikan di sini supaya arah dan sasaran kegiatan makin tepat khususnya pekan kategorial yaitu: Pekan Anak, Pekan Wanita dan Pekan Pemuda. Perlu diketahui bahwa pekan kategorial ini bukan HANYA ditujukan untuk ketegori yang dimaksud. Pekan ini adalah ditujukan kepada SELURUH warga jemaat untuk memberikan perhatian dan kesempatan khusus bagi kategori yang dimaksud. Ini sebagai wujud fokus GKJW kepada ketegori usia dan gender dalam kehidupan pelayannya. Jadi tidak benar jikalau Pekan Anak hanya ditujukan bagi anak-anak saja, yang benar adalah seluruh warga jemaat memberikan perhatian khusus di Pekan Anak kepada kategori usia anak-anak. Demikian dengan pekan wanita dan pekan pemuda.
  6. Hal yang juga sangat berubah secara signifikan adalah penggunaan warna liturgis (stola, taplak meja, dll). Acuan kami dalam menyusun siklus warna adalah keputusan Sidang ke-113 dan ke-114 MA GKJW tentang revisi Busana Jabatan dan Liturgis, yang disesuaikan dengan penggunaan warna ekumenis. Sehingga jika selama ini minggu biasa memakai warna putih maka sejak tahun 2018 dalam setiap minggu biasa akan menggunakan warna hijau. Secara lengkap lihat Buku Panduan Busana Jabatan dan Liturgis GKJW.
  7. Dalam setiap bulan dan pekan sangat mungkin terjadi peristiwa yang sama. Misalnya Masa Raya Unduh-Unduh di dalamnya juga ada Bulan Kespel. Berkaitan dengan hal ini kami mengajak jemaat-jemaat untuk menata dan melakukan kegiatan sesuai dengan kondisi dan konteks jemaat masing-masing. Adapun yang kami susun ini adalah acuan utama dalam menata pelayanan tersebut.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat menata dan melayani kehidupan iman warga jemaat se-GKJW dengan doa semoga pelayanan kita mendapatangkan pertumbuhan iman dan berbuahkan kebenaran bagi tujuan pelayanan bersama kita di era PPJP-PPJM ini dengan tema: “Mandiri dan Menjadi Berkat.” Perkanankan pula kami atas nama DPT daur lama memohon maaf atas segala kelemahan kami jika dalam pelayann selama satu daur ini banyak kekurangan. Dan selamat melayani kepada seluruh anggota DPT daur 2017-2019. Tuhan memberkati kita semua.

 

Malang, Agustus 2017
DPT daur 2014-2016

 

Catatan untuk pengguna telepon genggam: Gunakan mode landscape (horizontal) agar tabel dibawah ini lebih mudah dibaca.

Daftar Bacaan Alkitab Januari 2018

Daftar Bacaan Alkitab Pebruari 2018

Daftar Bacaan Alkitab Maret 2018

Daftar Bacaan Alkitab April 2018

Daftar Bacaan Alkitab Mei 2018

Daftar Bacaan Alkitab Juni 2018

Daftar Bacaan Alkitab Juli 2018

Daftar Bacaan Alkitab Agustus 2018

Daftar Bacaan Alkitab September 2018

Daftar Bacaan Alkitab Oktober 2018

Daftar Bacaan Alkitab Nopember 2018

Daftar Bacaan Alkitab Desember 2018