Persekutuan Doa Gayatri

20 July 2022

Pengantar dari admin:

Pdt. Yessy Kapitan sejak tahun 2016 menerima tugas khusus sebagai pelayan pekerja migran Indonesia di Hongkong. Program pelayanan tersebut merupakan program bersama antara United Evangelical Mission (UEM), Chinese Rhenish Church (CRC) dan GKJW.

UEM adalah persekutuan 38 gereja yang tersebar di Asia, Afrika, dan Eropa, serta 1 lembaga diakonia yang berada di Jerman.

GKJW dan CRC adalah dua gereja anggota UEM di wilayah Asia.

Berikut ini adalah sekelumit kisah Pdt.Yessy Kapitan dalam membentuk “Persekutuan Doa Gayatri” untuk para pekerja migran.

 

Saat semuanya seakan tidak mungkin, kadang kita lupa bahwa segala yang kita miliki, termasuk pelayanan ini adalah milik Tuhan. “ (Pdt. Yessy Kapitan, 2022).

Pada tanggal 3 Juli 2022, pelayanan Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong oleh Chinese Rhenish Church dan United Evangelical Mission Jerman diterima dan menjadi bagian dari Gereja Chinese Rhenish Church Wan Chai, Hong Kong.

Tahun 2022 adalah tahun perubahan bagi kami, Migrant Training Centre sebagai komunitas belajar dan pemberdayaan perempuan. Setelah dihantam situasi COVID-19 berkali-kali dan pembatasan berkumpul dari pemerintah Hong Kong, kami juga harus kehilangan tempat belajar yang kami tempati sejak Tahun 2004 di Sham Shui Po. Hal-hal ini sempat membuat anggota bersedih, karena kami akan kehilangan wadah untuk berkumpul dan belajar. Lebih dari itu, komunitas ini merupakan “rumah” dan setiap anggotanya telah menjadi keluarga di perantauan. Uniknya, komunitas kami adalah komunitas “interreligious”, dimana mayoritas anggota kami justru adalah pemeluk agama Islam. “Saat ini, kami memiliki 60 anggota, dengan sekitar 30 anggota aktif dan 10 anggota yang beragama Kristen.” , ujar Pdt. Yessy Kapitan dalam Ibadah Minggu, 3 Juli 2022.

“Saat semuanya seakan tidak mungkin, kadang kita lupa bahwa segala yang kita miliki, termasuk pelayanan ini adalah milik Tuhan. “, imbuh Pdt. Yessy Kapitan. Hal ini dikarenakan, di saat centre ini terancam untuk ‘shut down’, Tuhan menggerakkan hati para pemimpin Chinese Rhenish Church, untuk mempertahankan program ini, memberikan tempat bagi kami. Ditambah, dukungan dari beberapa networking yang dibangun sejak 2016 dengan organisasi/komunitas “Ethnic Minority” di Hong Kong salah satunya adalah Rumah Gayatri, yang juga menawarkan kerjasama dalam pemberdayaan perempuan melalui kursus, dan pelatihan bersama. Semuanya ini datang bersamaan, dan membuat pergumulan kami terjawab. Kebutuhan teman-teman belajar dengan pelatihan dan kursus terjawab dengan adanya Rumah Gayatri dan kebutuhan akan tempat beribadah terjawab dengan adanya Chinese Rhenish Church Wan Chai.

Untuk komunitas Kristen, kami memberi nama komunitas kami dengan “Persekutuan Doa Gayatri”, karena Gayatri adalah nama yang diartikan mampu membawa seseorang dalam terang, kebaikan, kebajikan, dan ilmu yang baik. Persekutuan Doa kami sendiri diikuti oleh anggota Kristen yang beragam denominasinya. Kami pun masih berjuang bersama memikirkan bagaimana kami mengemas bentuk ibadah kami agar bisa menjawab kebutuhan anggota kami, dan yang paling penting bagaimana bentuk kesaksian kami di tengah komunitas Migrant Training Centre yang mayoritas adalah Muslim. Anggota kami pun sepakat agar kami lebih peka terhadap isu-isu sosial yang terjadi di dalam kehidupan pekerja migran, sebab mereka berharap gereja dimana mereka bernaung bisa bersaksi “keluar” dan tidak “memagari” diri dari dunia luar bahkan menutup mata akan hal-hal sosial yang terjadi secara riil di kehidupan pekerja migran.

Oleh karena itu dengan semangat ini kami pun ingin mengajak warga jemaat GKJW yang berada di tanah air untuk bisa menginformasikan tentang kegiatan kami kepada sanak keluarga di Hong Kong untuk bergabung bersama kami dalam pelayanan yang holistik. Pelayanan konseling, rujukan terkait hak-hak pekerja migran, kursus dan pelatihan serta beribadah bersama adalah layanan yang kami sediakan di Migrant Training Centre.

Berikut adalah Contact Person kami di Hong Kong:

Pdt. Yessy P. Kapitan : 9313 0358 / 2708 5834

Sdri. Beti Aji : 6222 4390

Ibu Arie : 9134 8535

 

Alamat Gereja :

Chinese Rhenish Church Wan Chai

10 Lai Yin Ln, Tin Hau , 港銅鑼灣道禮賢里10號

MTR Tin Hau exit A1.

Telp : 2570 3292

 

Alamat Kursus dan Pelatihan:

Rumah Gayatri

1/F, Flat 380A, 380-386 Portland Street.

MTR Prince Edward exit C1.

Telp : 6222 4390/ 9313 0358

Renungan Harian

Renungan Harian Anak