Daftar Bacaan Alkitab

Para pelayan Tuhan yang terkasih,

Sungguh bersyukur kembali kita bisa bersama-sama berkesempatan menata dan melayani Tuhan dalam wujud penataan daftar Bacaan Kitab Suci selama tahun 2017 ini. Lebih bersyukur lagi adalah jika kita bersama-sama se-GKJW dapat searah dalam penataan kegiatan pelayanan di setiap peristiwa gerejawi sesuai dengan konteks kehidupan berjemaat kita masing-masing. Karena itulah Daftar Bacaan 2017 ini dibuat supaya kegiatan dijemaat-jemaat semakin semarak dan tertata sesuai peristiwa gerejawi sehingga kehidupan persekutuan kita bersama se-GKJW semakin selaras diseluruh jemaat GKJW.

Demikian juga dengan tema yang dibuat dalam setiap peristiwa gerejawi dimaksdukan untuk memberi acuan arah pelayanan kita bersama. Lebih dari itu tentunya supaya kehidupan berjemaat kita se-GKJW dapat semakin menampakkan buah kesetiaan kepada Tuhan Yesus Sang Kepala Gereja. Karena itulah kami mengajak sedapat-dapatnya tema yang dimuat di sini menjadi arah pelayanan bersama. Adapun teknis pelaksanaannya tentu disesuaikan dengan konteks jemaat kita masing-masing.

Daftar Bacaan Alkitab tahun 2017 ini bersumber dari Daftar Bacaan RCL (Revised Comment Lectionary) yang merupakan daftar bacaan ekumenis yang dipergunakan oleh berbagai gereja di seluruh dunia. Namun toh demikian, kekhasan dan kegiatan lokal kita se-GKJW juga tetap mendapat perhatian khusus sehingga bolehlah dikatakan bahwa Daftar Bacaan Alkitab ini adalah upaya memadukan kegiatan lokal GKJW dengan kegiatan ekumene gereja sedunia. Itulah sebabnya Daftar Bacaan Alkitab kita kali ini dilengkapi dengan kalender liturgis gereja yaitu kalender liturgis ekumene (gereja universal) dan kalender liturgi GKJW (kekhasan kita). Harapnnya kita mengetahui peristiwa liturgis gereja secara universal pada saat kita melakukan kegiatan liturgis khas kita. Karena sebagaimana pengakuan iman percaya GKJW dalam Pengakuan Iman Rasuli mengakui juga kesatuan gereja yang Kudus dan Am.

Adapun tahun 2017, kita memasuki siklus bacaan tahun A yaitu pemberitaan Injil berpusat kepada Injil Matius. Siklus ini bukan dimulai per Januari 2017 tetapi sejatinya dimulai pada saat Advent tahun 2016. Dengan demikian siklus bacaan tahun A bermula sejak tanggal 27 November 2016 dan akan berakhir pada tanggal 3 Desember 2017. Sebab siklus tahun liturgis gereja bermula dari peristiwa liturgi Advent tahun lalu dan berakhir pada minggu Kristus Raja tahun ini. Itulah sebabnya siklus bacaan harian juga tidak diawali dari senin sampai sabtu tetapi hari Kamis sampai hari Rabo minggu berikutnya (tentang hal ini lihat Penjelasan Daftar Bacaan Tahun 2016). Tuhan memberkati pelayanan kita bersama. Amin

Menu Halaman Ini:

Penjelasan Leksionari GKJW
Leksionari Januari 2017 Leksionari Pebruari 2017
Leksionari Maret 2016 Leksionari April 2017
Leksionari Mei 2017 Leksionari Juni 2016
Leksionari Juli 2017 Leksionari Agustus 2017
Leksionari September 2017 Leksionari Oktober 2017
Leksionari Nopember 2017 Leksionari Desember 2017

Kata Kunci Artikel Ini: