Pembukaan Crash Program Pendeta Angkatan GKJW 2016

“Seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya” (Maz.131:2)

Demikian tema renungan yang disampaikan oleh Pdt. Sumardiyono pada saat ibadah pembukaan pelaksanaan proses Crash Program Pendeta Angkatan (CPPA) GKJW tahun 2016 ini. Program CPPA ini adalah keputusan Sidang Majelis Agung GKJW ke 111/2015 yang bertujuan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan pendeta GKJW di tengah jemaat dan masyarakat.

PHMA GKJW bersama dengan DPPL mempersiapkan program ini dengan membentuk tim seleksi, tim kurikulum dan tim mentoring. Selanjutnya dilakukan sosialisasi ke seluruh jemaat GKJW. Sebanyak 47 orang terpanggil mendaftarkan diri untuk mengikuti proses seleksi yang meliputi tes karya tulis, wawancara, psikotes dan kesehatan. Dari 47 orang yang lolos 11 orang.

PHMA mempertimbangkan perlunya dibuka pendaftaran gelombang 2. Sebanyak 5 orang yang mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi dalam gelombang ke-2. Dari 5 orang yang lolos 1 orang, sehingga jumlah CPPA menjadi 12 orang. Mereka inilah yang dipersiapkan selama satu tahun ke depan untuk mejadi pendeta angkatan GKJW.

Proses pendidikan ini di bawah koordinasi dan tanggung jawab IPTh. Balewiyata – Malang. Selamat memasuki proses nggladi diri sebagai calon pendeta angkatan GKJW.

Proses pendidikan CPPA ini diawali pada tanggal 13 Pebruari 2016 dengan kegiatan gathering peserta dengan para istri guna pemantapan diri. Terlihat suasana penuh semangat dan hangat dalam sosialisasi mereka, walaupun hampir semua baru berkumpul malam itu. Hasilnya sebuah suguhan koor yang indah dalam Ibadah Minggu pagi di GKJW Jemaat Malang yang justru menjadi awal kegiatan bersama mereka.

Hari Minggu, 14 Pebruari 2016, menjadi saat-saat yang berkesan dalam bagi 12 keluarga Calon Pendeta peserta CPPA. Pdt. Hendri Wijayatsih memandu kegiatan kebersamaan dalam nuansa kasih sayang mewarnai acara sejak pagi hari. Keluarga ini diarahkan kepada pemikiran bahwa mereka memasuki Hidup Baru. Doa Malam menjadi puncak acara kebersamaan yang dilayani Pdt.Suko Tiyarno. Setiap pasangan saling berdoa agar dalam proses yang dijalani ini mereka senantiasa disertai oleh Tuhan. Dari sini sangat nampak bahwa panggilan sebagai calon pendeta angkatan juga dihayati sebagai panggilan bagi keluarga mereka. Keharuan terdengar dalam isak-tangis mareka ditengah doa pengharapan bagi keluarga yang seperti “ANAK YANG DISAPIH BERBARING DEKAT IBUNYA”.

Pada hari Senin, 15 Pebruari 2016 dilaksanakan pembukaan CPPA GKJW 2016 dengan membangun ibadah Pembukaan. Firman Tuhan dilayani oleh Pdt.Sumardiyono. Pembukaan program CPPA dilakukan oleh Ketua Majelis Agung GKJW Pdt. Tjondro Firmanto Garjito. Dalam acara ini diikuti; Calon Pendeta peserta CPPA 2016, seluruh karyawan Lingkungan kantor MA GKJW, Staf Ip.Th Balewiyata Malang,PHMJ Jemaat asal Calon Pendeta, PHMD se GKJW, PHMJ se Malang Kota, Fasilitator dalam Kota Malang, Para Mentor dan Bp.Asrama. Sekitar 112 orang.

Semoga Tuhan Yesus Sang Kepala Gereja memberikan akal budi, penguasaan diri dan kerendahan hati pada peserta CPPA sehingga dapat menyambut panggilan pelayanan tersebut dengan sungguh-sungguh.

 

Kata Kunci Artikel Ini: